Cara Screenshot HP XIAOMI Tanpa Menekan Tombol [APLIKASI MIUI 8]

Cara screenshot HP Xiaomi tanpa menekan tombol akan menjadikan tombol power dan volume lebih awet dengan tips dan trik berikut ini. Kamu sebagai Mi Fans yang baru menggunakan perangkat hp Xiaomi hanya perlu mengaktifkan fitur ini tanpa perlu instal aplikasi screenshot Android tanpa tombol.

Karena dari aplikasi Xiaomi sendiri sudah menyediakan fitur untuk mengambil tangkapan layar hp dengan mengusap 3 jari di layar Xiaomi. Dan syarat utama sebagai cara mengaktifkan screenshot 3 jari Xiaomi adalah hp kamu harus mempunyai ROM MIUI 8 Global.

Kalau dirasa hp Xiomi milik kamu belum pernah di perbarui lakukan pembaruan ROM MIUI ke versi 8 dari jaringan wifi agar lebih cepat. Caranya masuk ke Alat > Pembaruan dari situ kamu bisa langsung update MIUI 8 jika Wifi sudah tersambung.

Biasanya kamu hanya menggunakan tombol screenshot dari menu pemberitahuan atau memakai gabungan tombol Volume bawah + Power di Xiaomi. Atau kalau kamu pemakai seri Xiaomi Redmi Note menekan tombol Volume bawah + Menu.
Dan jika kamu termasuk pengguna Xiaomi yang telah memperoleh pembaruan sistem MIUI maka lakukan cara setting screenshot 3 jari MIUI 8 dari panduan di bawah ini!

Cara Cek Versi ROM MIUI di Hp Xiaomi

Kalau kamu belum tau versi ROM berapa yang sudah digunakan di hp Xiaomi kamu lihat caranya, kamu harus menuju ke Setelan > Tentang ponsel > Versi MIUI.
cara cek versi rom xiaomi
 

Cara Screenshot HP XIAOMI Tanpa Menekan Tombol [APLIKASI MIUI 8]

Nah kalau sudah yakin kamu mempunyai ROM Xiaomi di versi seperti gambar di atas. Sekarang silahkan menuju pengaturan cara screeenshot hp Xiaomi Redmi dengan usapan tiga jari.

  1. Langkah pertama untuk mengaktifkan fitur ini, kamu perlu pergi ke Setelan di hp Xiaomi.
    aplikasi tangkapan layar
  2. Selanjutnya kalau tampilan menu pengaturan sudah muncul segera menuju ke Setelan tambahan.
    cara screenshot hp siaomi
  3. Gulir layar hp ke atas dan temukan tombol menu Screenshot.
    cara screenshot hp xiaomi
    Catatan: Jika kamu tidak menemukan menu ini meskipun Rom sudah MIUI 8, coba cek lagi apakah itu ROM China.
  4. Kalau sudah muncul tombol geser yang harus kamu aktifkan seperti terlihat dari contoh gambar berikut.
    cara screenshot xiaomi redmi 3
  5. Langsung saja mengaktifkan fitur screenshot 3 jari Xiaomi, dengan menekan tombolnya sampai terlihat menyala aktif.
    pengaturan screenshot 3 jari miui 8
  6. Sekarang coba tes hasil setelan screenshot 3 jari tersebut dengan menuju ke layar mana yang akan di ambil foto tangkapan layar Android. Dengan cara sentuhkan 3 jari secara bersama lalu seret ketiganya ke bawah layar.
    cara mengaktifkan screenshot 3 jari di miui 8
  7. Selesai. 

Dengan berbagai cara screenshot hp Xiaomi yang ada, screenshot tiga jari MIUI 8 ini sebagai tambahan saja kalau kamu agak malas menekan tombol fisik. Atau tak ingin menekan fitur menu yang sudah disediakan Xiaomi dari tombol toggle.

Kelebihan lainnya setelah tombol screenshot tiga jari di Xiaomi sudah aktif, kamu akan bisa menghemat RAM telepon karena tak perlu ribet root untuk instal aplikasi tangkapan layar yang ada di Play Store. Juga dalam pemakaian jangka panjang tombol hape dari Xiaomi kamu akan tetap awet, soalnya yang rawan rusak itu tombol power.

Bagi teman-teman yang sudah update rom ke MIUI 8 ingin menikmati cara merekam layar Xiaomi tanpa aplikasi tambahan ikuti panduannya!

Komentar