Cara Merekam Layar HP Xiaomi (Android KitKat) Tanpa Aplikasi

Cara merekam layar hp Xiaomi (Android KitKat) tanpa aplikasi perekam tentunya tak perlu root, lihat bagaimana menggunakan fitur baru di MIUI 8 ini.!

Daftar isi [Show]
Cara merekam layar hp Xiaomi dengan Android KitKat tanpa aplikasi tambahan yang pastinya tak perlu root. Kamu termasuk pengguna perangkat Xiaomi Redmi Note atau seri Mi, kalau memang iya enak dong bisa menggunakan fitur aplikasi Screen Recorder.

Karena kalau kamu MI Fans dan hp kamu mendapatkan pembaruan sistem operasi MIUI 8 Developer ROM / Beta ROM 7.3.2 ke atas bisa merekam aktifitas layar dengan aplikasi bawaan Xiaomi. Perusahaan Xiaomi selalu memanjakan penggunanya seperti beberapa waktu lalu saya telah melakukan update ke ROM tersebut dan sekarang bisa merekam layar hp tanpa aplikasi tambahan pihak ketiga.

Dengan itu saya akan bagikan cara untuk merekam layar Android meskipun Xiaomi kamu hanya dengan OS KitKat. Asalkan kalau sudah mendapatkan pembaruan MIUI 8 pasti tidak perlu ribet instal aplikasi perekam yang memerlukan root.

Banyak sekali aplikasi screen recorder yang ada di Google Play store namun biasanya mendapati laporan "Perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini" kalau Android kamu masih KitKat atau Jellybean ke bawah. Saya pernah mencoba AZ Screen Recorder dan hasilnya selalu muncul pesan seperti itu.

Karena aplikasi untuk merekam layar hp yang tersedia di Play Store biasanya hanya mendukung OS Lolipop, Marshmallow ke atas. Gimana kalau untuk rekam layar hp jellybean, atau Android KitKat?

Cara Menggunakan Fitur Perekam Layar Xiaomi dan Kelebihan

Untuk pengguna hp Xiaomi, sekarang tak perlu mencoba beberapa aplikasi perekam layar Android yang tersebar. Untuk menggunakan Screen Recored di Xiaomi sangat mudah kok, dengan mengikuti panduan dengan contoh gambar di bawah. Kita hanya perlu beberapa langkah dari tombol cepatnya yang bisa digunakan untuk merekam video call, game dan gerakan layar hp lainnya.
aplikasi untuk merekam video di android
Hasil dari merekam aktifitas layar Android berupa video yang siap kamu bagikan ke Youtube atau mengirim ke akun Social Media kamu misal Instagram, Facebook, Twitter dll. Enaknya lagi hasil video rekaman tidak ada watermark.

Apa itu watermark? adalah sebuah tanda melayang jika video diputar dan kalau kita ingin menghapus watermark tersebut harus membayar. Seperti aplikasi Mobizen yang memberikan watermark Powered By Mobizen.

Bagaimana cara mendapatkan Fitur Screen Recorder Xiaomi?

Kamu hanya perlu memperbarui ROM MIUI di hp Xiaomi kamu ke versi 8 terbaru atau minimal ROM 7.3.2. Caranya melihat versi:

  • Masuk ke Setelan > Tentang ponsel (About phone), seperti yang terlihat di hp Xiaomi Note saya dengan OS MIUI 8 Global 7.3.23 | Beta atau bisa disebut juga dengan ROM Developer.
  • Untuk update ROM Xiaomi: Masuk ke Alat > Unduhan >Cek pembaruan

Cara Merekam Layar HP Xiaomi Android KitKat Tanpa Aplikasi

Setelah memperbarui ROM ke MIUI 8 sekarang waktunya kamu ikuti bagaimana cara pakai fitur untuk merekam layar hp Android. Contoh gambar tangkapan layar menggunakan hp Xiaomi Note 1LTE dengan OS KitKat.
  1. Pastikan hp Xiamoi kamu sudah menyala lalu pergi ke Alat (Tools).
    aplikasi perekam layar android kitkat tanpa root
  2. Terus setelah masuk, kemudian gulir layar ke atas hal ini sebagai cara menemukan fitur menu Screen Recorder / Perekam Layar Xiaomi yang berada dibawah. Untuk mengaktifkan mode perekaman silahkan sentuh ikon kamera di pojok kanan bawah.
    aplikasi perekam layar android
  3. Sekarang tekan tombol kembali (back) jika sudah muncul mode "Mulai". Karena ini hanya mengaktifkan tombol recorder terlebih dulu.
    cara merekam layar android
  4. Setelah itu kamu tentukan dari mana aktifitas layar yang akan di rekam. Entah merekam video call dari pasangan kamu, merekam live Instagram yang bermanfaat dan pada contoh ini saya gunakan untuk membuat tutorial video mematikan getar keyboard Xiaomi.
  5. Jika semua sudah selesai tekan tombol Stop dengan ikon kotak.
    aplikasi perekam video android keren
  6. Maka hasil video yang sudah di rekam otomatis tersimpan ke memori telepon, kita bisa melihat hasil video melalui Alat > Perekam Layar atau langsung sentuh tanda (X), dengan seperti itu kamu langsung diarahkan ke hasil video rekaman.
Dari panduan ini kamu sudah dapat merekam layar hp Xiaomi dengan OS KitKat atau Android 4.4.4. Dengan cara tersebut tentunya tanpa menggunakan aplikasi tambahan pihak ketiga hanya menggunakan aplikasi rekaman video bawaan Xiaomi yang keren tersebut.

Update: Untuk seri Xiaomi tertentu meskipun sudah mendapatkan update ke MIUI 8 ke atas namun tidak mendapati Screen Recorder sepertinya harus menunggu MIUI 9 Global Stable jika itu memang disediakan pihak Xiaomi. Karena sementara ini baru tersedia untuk Developer ROM / Beta.

Jika aplikasi perekam layar tersebut bermasalah maka kamu bisa menggunakan Screen Recorder MOD tutorial dan file download tersedia di forum resmi Xiaomi yang sudah terujui di Redmi Note 3 Pro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel