Cara Mengganti Nomor Telepon di Akun Google Lewat HP Android

Gimana cara mengganti nomor telepon di akun Google? fungsinya untuk apa sih, kok disuruh menambah no hp ke Gmail di Android. Cari tau disini & segera ubah

Daftar isi [Show]
Buat apa sih kita harus mengganti nomor telepon di Akun Google (Gmail) yang bisa dilakukan lewat hp Android atau melalui laptop. Kalau kamu sedang menanyakan hal tersebut artinya kamu belum mengetahui fungsinya untuk apa.

Yang biasanya disebut dengan nomor telepon pemulihan ini, digunakan untuk ganti password akun Google jika kamu lupa kata sandi di lain waktu. Ceritanya ini kamu akan menukar kartu telepon dengan kartu perdana baru lalu yang nomor lama memang sengaja tidak dipakai.

Nah, berarti nomor hp kamu lambat waktu akan mengalami masa tenggang dan akhirnya tidak aktif. Agar bisa digunakan untuk ganti password Gmail di Android atau mungkin juga digunakan di pc / laptop kita harus segera merubah nomor hp di akun Google dengan nomor yang baru.

Dalam panduan cara mengganti nomor telepon di Akun Google dari tulisan ini, bisa juga diterapkan untuk menambahkan no hp jika kamu saat buat akun Gmail baru di Android tidak memasukkan nomor hp pada Opsi Pemulihan.
cara mengganti nomor telepon di akun google
Dari situlah bisa ditarik kesimpulan kalau pentingnya akun Google yang kita pakai harus dengan pengelolaan yang benar. Melalui media blog ini kami akan berbagi pengetahuan tentang daftar akun, keamanan akun, cara mengelolanya dan solusi pulihkan akun.

Mungkin sudah banyak tutorial yang tersebar di internet dengan penyampain yang berbeda. Namun perlu kamu ingat, tips dari admin sebelum mengikuti langkah-langkah dari panduan di media sebelah sebaiknya lihat dulu apakah mereka juga menyertakan screenshot atau gambar terbaru.

Ada Berapa Cara Memulihkan Akun Google yang lupa kata sandi?

  • Dengan nomor telepon pemulihan yang masih aktif atau tidak hilang kita secara mudah melakukan perubahan kata sandi baru dari kode verifikasi yang di kirim ke SMS oleh Akun Google. Jadi pastikan kamu selalu memperbarui nomor hp di Gmail jika nomor lama sudah tidak aktif lagi.
  • Melalui email pemulihan yang sudah ditambahkan ke akun Google sebelum akun lupa password. Artinya email pemulihan adalah alamat email kita yang lainnya yang sudah dimasukkan ke akun Google, boleh @yahoo.com atau @gmail.com lain. Biasanya email pemulihan ini diistilahkan dengan recovery email / email alternatif / email cadangan untuk menerima tautan saat kita reset password Gmail.

Jadi kalau kamu sudah melihat info di atas seharusnya kamu memiliki alamat email tidak satu saja. Kamu harus buat akun Yahoo atau daftar Gmail baru yang bisa digunakan untuk email pemulihan. Karena dari kedua cara pemulihan akun Google di atas sama-sama efektif.

Contohnya: meski kamu sering ganti ganti nomor hp tapi kamu selalu meng-update nomor telepon di akun Google kamu, enaknya dapat membantu mengatasi masalah lupa password Gmail dalam beberapa waktu kedepan.

Kalau untuk email pemulihan, sebenarnya juga sangat berguna asalkan kamu selalu mencatat kata sandi di ingatan atau di buku catatan. Karena dalam jangka panjang sangatlah berguna agar tetap bisa mengakses akun Google yang penting. Kalau hanya buat main-main sih gak masalah tinggal bikin akun Google baru lagi.

Cara Mengganti Nomor Telepon di Akun Google Lewat HP Android

Ikuti disini kalau kamu ingin segera ubah nomor hp di Gmail (akun Google), dari contoh ini saya mengganti nomor lewat hp Android Xiaomi. Meskipun tangkapan layar sedikit berbeda nyatanya kamu tetap bisa mengikuti setelan di Android merek lain, karena pada dasarnya sistem Android itu sama.

  1. Masuklah ke aplikasi bawaaan di Android yaitu Setelan Google atau Google Settings.
    cara mengganti nomor telepon di akun google
  2. Setelah tampilan laman dari aplikasi tersebut sudah terbuka silahkan menuju Proses masuk & keamanan.
    cara mengganti nomor telepon di akun gmail
  3. Jika ada banyak akun Google di Android, pilih satu akun Gmail yang akan diganti nomor telepon pemulihan.
    cara edit nomor telepon di akun google
  4. Kemudian buka lewat aplikasi browser di hp.! Misalnya dalam contoh ini saya menggunakan Chrome karena browser ini salah satu produk aplikasi Google juga kan, jadi lebih aman.
    cara menambah nomor hp di akun google
  5. Setelah laman masuk Gmail sudah muncul silahkan masukan kata sandi atau jika kamu memerintah smartphone Android kamu untuk masuk akun Google ikuti saja langkah-langkahnya.
    cara mengganti nomor telepon di gmail
  6. Setelah berhasil masuk, kamu akan melihat laman untuk mengedit nomor hp yang tertaut sebagai nomor pemulihan lalu tekan Edit. Bisa segera menambah no hape di akun Google jika kamu sama sekali belum pernah melakukan.
    cara mengganti nomor telepon di android
  7. Lalu tekan Perbarui nomor, maka dengan begitu kita akan melihat kolom nomor hp lama yang siap di ganti (gambar kanan).
    cara ganti nomor hp di akun google
  8. Berikutnya silahkan mengisi nomor telepon baru tanpa angka Nol. Sentuh tombol Verifikasi ya! lalu tekan juga Dapatkan kode.
    cara update nomor telepon di akun google
  9. Segera lihat SMS dari Google dengan 6 digit kode verifikasi.
    cara masukan nomor telepon di akun google
  10. Kembalilah ke laman "Perbarui nomor ponsel" lalu masukkan kode pada kolom yang tersedia terus tekan tombol Verifikasi > Lanjutkan
    cara ubah nomor telepon pemulihan di akun google
Selesai deh, setelah mengikuti cara mengganti nomor telepon di Gmail di atas. Dengan itu kamu sudah belajar mengelola akun Google secara berkala. Dengan hal tersebut akun kamu selalu aman tetap bisa mengatur ulang kata sandi Gmail lewat no hp pemulihan, pelajari disitu caranya!

Tutor Cara Mengganti no Telepon di Gmail versi Android Terbaru

Jika tampilan tidak sama mau ganti nomor telepon Gmail, silahkan tonton & ikuti video berikut ini yah:

Bermanfaat juga misalnya kamu masuk Gmail dari perangkat komputer atau hp yang berbeda dan IP address (alamat jaringan internet) yang beda maka tetap bisa masuk jika akun Gmail meminta kode verifikasi nomor telepon. Sekian dulu serta semoga menjadi informasi akun yang bermanfaat untuk teman-teman. Yuk share!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel