Cara Mengganti Akun GMAIL Lama Dengan Yang Baru di Android (HP-Tablet)

Jika mencari cara untuk mengganti akun Gmail lama dengan yang baru di hp Android & tablet. Temukan lewat panduan untuk menghapus lalu ganti akun Google baru

Daftar isi [Show]
Sedang mencari cara mengganti akun Gmail lama dengan yang baru yah? Kalau iya berarti kamu bermaksud untuk menghapus akun Google di Android baik di hp atau tablet. Lewat tulisan ini admin akan berbagi sedikit pengalaman pribadi disaat ingin ganti akun Play Store ke akun Google baru.

Kali aja kamu sedang berencana mengubah akun Google lama karena kebetulan dari hp Android bekas yang baru saja kamu beli. Atau kemungkinan lainnya kamu sudah lupa sandi akun Gmail karena memang dulunya yang membuat akun baru bukan kamu sendiri misalnya teman, mantan parahnya lagi penjual di konter hp.

Apa Kaitan akun Google dengan Gmail?

Dari sini kamu akan menemukan panduan untuk hapus akun Gmail sampai cara mengganti akun Google lama ke akun baru. Namun jika kamu masih belum paham dan bertanya kenapa kok bukan Gmail saja yang di hapus terus kok harus ganti dengan akun Google, apa kaitannya? pertanyaan yang bagus.

Pahami dulu disini, Akun Google digunakan untuk akun ID terutama di Android lalu satu akun tersebut dapat digunakan untuk masuk dan terhubung ke semuanya produk aplikasi dari Google pada Android atau layanan Google lainnya.
cara mengganti akun gmail lama dengan yang baru di android
Misalnya untuk cara mengaktifkan Play Store, jika hp Android masih baru yang belum mempunyai ID kita selalu diarahkan untuk buat akun Google baru kan. Dan untuk mengakes akun ID Google tersebut kita diberikan alamat email yang disebut Gmail.

Semoga sedikit gambaran di atas kamu sudah bisa membedakan akun Google dan hubungannya dengan akun email Gmail serta aplikasi Google lain. Baiklah sekarang kamu ikuti cara untuk menghapus akun Gmail dulu lalu lanjutkan untuk mengganti dengan akun yang baru.

Cara Menghapus Akun Gmail Lama di Android (HP/Tablet)

Dari cara yang pertama ini, sebenarnya kita hanya mengeluarkan akun Gmail di hp Android atau tablet, jadi bukan untuk menghapus Gmail secara permanen. Kalau memang akun Gmail tak terpakai pengguna bisa hapus akun selamanya tentunya dengan cara yang beda.

NB: Jika screenshot tidak sama dengan tampilan di hp Xiaomi terbaru silahkan masuk ke link
  1. Buka menu pengaturan dari perangkat Android kamu, sebagai contohnya saya menggunakan HP Xiaomi Redmi Note tapi gak ada masalah dengan merek lain seperti Lenovo, Samsung, Asus bahkan Andromax. Karena hanya beda tampilan Pengaturan / Setelan telepon saja kok.
  2. Geser layar hp ke atas lalu carilah "Akun Lain". Gimana sudah ketemu kan menu tersebut? kalau sudah tekan disitu untuk masuk.
    cara menghapus akun gmail
  3. Langkah selanjutnya kamu akan melihat beberapa ikon kemudian sentuh yang ikon "Google".
  4. Dengan itu kamu akan melihat daftar Gmail lama yang sudah ditambahkan, jika ada banyak email lalu kamu berencana menghapus salah satu akun Gmail di Andriod pilih yang diharapkan saja.
    cara menghapus akun gmail
  5. Kalau sudah muncul laman Sinkronisasi, sekarang tekan tombol "Lainnya" tuh yang berada di bagian bawah.
    cara menghapus akun gmail
  6. Lalu pilih yang "Hapus Akun" terus setelah muncul pertanyaan untuk meyakinan kamu ingin: Hapus akun serta keterangan lainnya tentang menghapus semua pesan email, kontak yang sudah disinkron dengan Gmail. sudah yakin? pilih "Hapus akun"
    cara hapus akun gmail
  7. Selesai. teruskan ke cara menggantinya!


Cara Mengganti Akun GMail Lama Dengan Yang Baru di Android (HP/Tablet)

Setelah kamu berhasil menghapus akun dari cara yang di atas sekarang kamu akan saya pandu ke langkah demi langkah untuk membuat email baru di Gmail untuk mengganti akun lama.

NB: Saya pastikan kamu sudah membeli paket kuota internet untuk hape Android kamu, atau sambungkan dengan wifi dari hotspot melalui hp lain.

  1. Pergi ke Pengaturan kalau di Samsung Android. kalau kebetulan pengguna Xiaomi berarti kamu harus pergi ke Setelan. Lalu lanjutkan langkah dengan masuk ke Akun lain.
    cara mengganti akun gmail lama dengan yang baru di android
  2. Terus setelah berada di laman akun lain sekarang kamu harus pilih "Google"
    cara mengganti akun gmail lama dengan yang baru di android
  3. Lanjutkan langkah pendaftaran email Gmail dengan memilih yang tombol "Baru". Namun jika kamu mempunyai laptop terus ingin mendaftar akun Google lewat laptop seperti cara yang sudah admin tulis beberapa waktu yang lalu. Sampai langkah ini berarti kamu harus pilih "Yang sudah ada"
    cara mengganti akun gmail lama dengan yang baru di android
  4. Ketik nama depan serta belakang pada kolom atas dan bawahnya, jika nama kamu hanya satu kosakata yang bawah gak usah diisi tidak masalah.
    cara mengganti akun gmail lama dengan yang baru di android
  5. Terus kamu bakalan disuruh membuat nama pengguna yang artinya adalah alamat email Gmail.
    cara mengganti akun gmail lama dengan yang baru di android
    Tips agar nama email tersedia, sebaiknya masukkan dengan kombinasi angka dibelakangnya, isikan saja sebuah nama kamu atau nama lain untuk email yang gampang dan kelihatan bagus. Jika gak mau ribet, kamu boleh memilih contoh alamat Gmail yang di sarankan Google.
    cara mengganti akun gmail lama dengan yang baru
  6. Setelah berhasil tersedia isikan kata sandi atau password Gmail baru (di kolom atas dan bawah sama) yang kuat minimal 8 karakter huruf, angka, simbol khusus serta mudah kamu ingat. 
    cara mengganti akun gmail lama dengan yang baru
    Contoh kata sandi akun Google yang kuat: NKRIh4rg4m@ti (NKRI harga mati) jadi tetap bisa dibaca tapi kuat. tuliskan dikertas dulu biar gak lupa sandi atau aplikasi Note atau Catatan biasanya semua Android ada.
  7. Dalam langkah ini sebenarnya kita tidak wajib untuk menambahkan opsi pemulihan akun. Namun ini sangat bermanfaat untuk mengubah kata sandi Gmail jika nanti kamu lupa. Cara yang lebih simpel menggunakan nomor telepon.
    cara mengganti akun gmail
  8. Di layanan Google kamu boleh memberi tanda cek list atau tidak. Selanjutnya setujui untuk persyaratan layanan dan kebijakan privasi Google.
    cara mengganti akun gmail
  9. Jika kamu menemukan untuk memasukkan kode capthca silahkan ketikkan seperti gambar kode yang terlihat. Lalu tunggu kurang lebih 5 menit kalau memang kondisi internet kamu lemot.
    cara mengganti akun gmail
  10. Setelah berhasil membuat akun Google baru kita akan langsung diarahkan untuk memilih beberapa produk aplikasi yang akan di sinkron. Beri tanda centang seperlunya terutama di Gmail dan data aplikasi.
    cara mengganti akun gmail
  11. Selesai! sekarang kamu bisa menggunakan untuk membuka atau mengaktifkan Google play store.
    cara mengganti akun gmail

Dari kedua cara mulai dari hapus akun Gmail sampai mengganti akun Google lama dengan yang baru di atas, apakah masih ada kendala? Jika memang ada masalah disaat mengikuti langkah-langkah dari panduan ini silahkan tinggalkan dalam kotak komentar yang tersedia.

Tutorial Video Cara Membuat Akun Google Baru tanpa Menghapus akun Lama

Jika kamu kurang paham, silahkan mengikuti step by step dalam tutor video berikut ini link

Namun jika kamu sudah berhasil terus teman-teman yang lainnya memerlukan tutorial yang sama coba bagikan untuk membantu mereka.

Jadi dari kasus ini kita bisa menarik kesimpulan kalau untuk mendaftar akun Gmail baru sebaiknya kamu lakukan sendiri. Apalagi keamanan Google yang semakin ketat yang sebenarnya bertujuan untuk melindungi akun Google kita, jadi kita sebaiknya selalu mengikuti pembaruannya.

Khusunya untuk contoh di atas pada tahap Siapkan Opsi Pemulihan seharusnya ada langkah untuk verifikasi kode kalau kita memasukkan nomor hp. Karena saya sudah tau untuk menambahkan nomor telepon di Gmail itu bagaimana caranya.

Kalau kamu memasukkan nomor untuk pemulihan nanti bisa digunakan untuk ganti password Gmail yang lupa. Tapi kamu juga harus menjaga no hape selalu aktif dan kalau memang niat ganti kartu SIM sempatkan untuk merubah dari laman Akun Google Saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel