2 Cara Penggunaan CamScanner & Google Drive Scan Dokumen ke PDF

2 Cara penggunaan CamScanner dan merubah kertas dokumen menjadi PDF lewat Google Drive di hp serta berbagi link hasil scan PDF & menyimpan otomatis...

Daftar isi [Show]

Ingin tahu cara penggunaan CamScanner untuk mengubah dokumen ke pdf di hp?

Tidak usah jauh - jauh cukup diam dan baca artikel ini hingga selesai dijamin kamu bisa memahami cara pakai CamScanner yang hanya bermodal hp Android doang.

Saya tidak hanya berbagi cara membuat pdf di CamScanner saja tapi menscan dengan Google Drive (cara yang kedua).

cara penggunaan CamScanner

Bukannya Google Drive adalah suatu aplikasi yang hanya dapat menyimpan file saja?

Kalian baru tahu kan kalau sebenarnya ada fitur bantuan scannernya? Ya memang sih sebagian besar pengguna Google Drive tidak menyadari adanya menu Pindai atau scan mengubah file menjadi pdf di Android.

Terus lebih bagus mana menggunakan bantuan aplkasi CamScanner atau Google Drive?

Untuk pertanyaan itu menurut saya sesuaikan dengan kebutuhan kalian saja, ya nanti saya akan jelaskan kurang lebihnya ke dua aplikasi scanner Android tersebut sambil berjalan.

Untuk menghemat waktu langsung saja kita dalam isi pembahasan cara pertama di artikel ini yaitu membuat pdf di CamScanner.

Cara Scan PDF Menggunakan CamScanner

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi scanner terbaik yang dapat merubah kertas dokumen, nota, struk dlsb menjadi file pdf siap kirim.  

Namun menurut saya pribadi penggunaan CamScanner yang paling cocok karena kita dapat mengoprasikannya dengan cara simpel dan gratis.

Kekurangan menggunakan aplikasi ini adalah kita tidak dapat menghapus watermark bila menggunakan CamScanner secara gratis (bukan premium).

Sebenarnya tidak begitu mengganggu sih jika menurut saya, ya lebih baik lakukan saja langkahnya nanti bila tidak cocok gunakanlah fitur bantuan berbayar atau scan dengan Google Drive saja.

  1. Jika kalian belum download aplikasi CamScanner maka unduh dengan menggunakan PlayStore atau langsung saja tekan Link tersebut.
    cara menggunakan CamScanner
  2. Masuk ke dalam aplikasinya baca berapa fitur yang disediakan dengan terus mengusap layar ke kiri sampai menemukan gambar seperti di contoh lalu tekan Cancel Anytime bagi yang ingin menggunakan secara gratis.
    cara menggunakan CamScanner
  3. Biasanya penawaran harga akan tetap ditampilkan, nah untuk menghindari terus tekan kembali atau tanda X.
  4. Disini kita bisa mendaftar atau langsung menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus daftar terlebih dahulu, kalau saya sih mending langsung menekan Gunakan Sekarang.
    cara pakai CamScanner
  5. Akan muncul penawaran harga penggunaan aplikasi kembali, untuk melanjutkan tanpa membayar tekan tanda X atau Kembali.
  6. Nah sekarang tinggal tekan icon kamera untuk dapat memindai atau menscan.
    cara pakai CamScanner
  7. Arahkan kamera ke dokumen yang akan discan, atur fokus pada kamera jika terjadi blur saat mengambil gambar namun bila sudah jelas tekan lambang kamera.
    cara pakai CamScanner
  8. Dengan secara otomatis aplikasi tersebut akan membaca lebar gambar yang akan diambil atau dapat melakukan Crop dengan secara otomatis.
    cara pakai CamScanner
  9. Lanjutkan dengan memperjelas dokumen menggunakan efek atau fitur lainnya di sini.
  10. Atur nama file tersebut agar lebih mudah mencari bila nanti data pada aplikasi sudah menumpuk.
    cara menyimpan hasil CamScanner
  11. Berikut adalah file yang sudah jadi, nah sedangkan untuk membaginya klik file yang akan dibagikan.
    cara menyimpan hasil CamScanner
  12. Klik lambang bagikan yang berada di atas kanan layar hp.
    cara menyimpan hasil CamScanner
  13. Baiklah pilih saja mau membagikan via email, Whatsapp, Messenger, atau hanya berupa link dan masih banyak lagi.
  14. Ini adalah langkah akhir dari cara mengirim file lewat CamScanner yaitu mengatur efek dan lain sebagainya, jika ada tawaran untuk membayar tekan saja Kembali, bila sudah siap tekan Bagikan.
    cara mengirim file lewat CamScanner

Apa Saja Fitur CamScanner Berbayar?

Sedikit pembahasan tentang aplikasi ini bila kamu melakukan pembelian / pembayaran nanti akan disuguhkan beberapa kelebihan diantaranya seperti ini.
  • No Ads (Bebas iklan)
  • No Watermarks (Tidak ada logo)
  • Mode kartu ID
  • Export ORC results
  • Cloud ORC
  • function of collage
  • 100 cloud space
Jadi bagaimana menurut kamu, apakah logo watermark tersebut mengganggu?

Bagi kamu yang ingin menggunakan cara untuk scan dokumen ke pdf di hp tanpa watermark bisa melakukan pembayaran ke aplikasi CamScanner namun bila ingin menggunakan jalan lain mungkin bisa lanjut ke teknik seperti berikut ini.

Cara Scan PDF lewat Google Drive

Sedikit dari pengguna aplikasi Google Drive yang tahu bahwa ada layanan dimana bisa mengubah data ke pdf dengan cara scan dengan kinerja kamera smartphone.

Lain dari sebelumnya menurut saya!

Bila scan dokumen ke pdf dengan Google Drive tidak akan muncul watermark sehingga tidak tidak mengganggu tampilan bila dikirimkan dan terlihat lebih rapi dan profesional.

Yuk kita langsung saja ke langkah - langkah cara menggunakan Google Drive untuk scan pdf.

  1. Hp Android pasti sudah memiliki aplikasi tanam Drive, bagi yang belum tahu bisa melihat icon seperti gambar contoh ini.
    cara mengirim file lewat CamScanner
  2. Jika app Drive sudah terbuka, silahkan klik tanda sama seperti screenshot saya.
    cara mengirim file lewat CamScanner
  3. Akan ada lampiran dari bawah layar yang menawarkan beberapa fitur bantuan penambahan data termasuk Pindai yang berfungsi untuk scan data.
    cara membuat pdf di CamScanner
  4. Arahkan kamera hp ke kertas dokumen yang akan di rubah menjadi file pdf.
    cara membuat pdf di CamScanner
  5. Setelah kamera berhasil menangkap dokumen tekan Centang bila sudah yakin gambar data yang diambil cukup jelas, namun bisa ingin kembali mengambil gambar tekan saja Silang.
    cara membuat pdf di CamScanner
  6. Kamu bisa mengatur kejernihan gambar dengan menggunakan bantuan tambahan dari Google Drive, bisa scan ulang bila masih kurang puas dan segara menyimpan jika sudah dirasa ok, di bagian ini.
    cara membuat pdf di CamScanner
  7. Beri nama file hasil scan dokumen ke PDF agar lebih mudah mencarinya nanti.
    cara membuat pdf di CamScanner
  8. Sekarang tinggal cara mengirimnya saja yaitu dengan menekan tiga garis yang berada di atas kiri layar hp dan setelah itu klik Terbaru.
    cara membuat pdf di CamScanner
  9. Tekan tiga titik pada file lalu tab fitur Download sehingga nanti file tersebut bersifat offline dan bebas untuk mengirim pdf via email Gmail atau aplikasi pengirim pesan lainnya.
Sedikit bahasan tentang caranya mengirim pdf lewat Google Drive, sebenarnya ada banyak sekali metode untuk dapat membagikan file tersebut. Tergantung selera!

Namun menurut saya pribadi lebih baik kamu menyimpan data tersebut dari Google Drive ke perangkat saja terlebih dahulu agar nanti bisa dikirim dengan semua jenis aplikasi pembawa pesan tergantung kepada kebutuhan.

Pada titik akhir semua tergantung kamu ingin mempraktekkan cara scan PDF lewat hp dengan Google Drive atau CamScanner yang penting hasilnya jelas dan kembali lagi tergantung kebutuhanmu.

Tutor Video Cara Scan Dokumen ke PDF lewat Hp


Jika Belum Paham tentang pandaun menggunakan CamScanner dan Google Drive untuk merubah kertas dokumen ke PDF dari panduan di atas, maka silahkan menonton video ini ya & jangan lupa subscribe: link

Saya rasa semua sudah kita bahas di atas, semoga artikel ini bisa membantu dan semoga beruntung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel