Cara Menyimpan File di Google Drive lewat Hp & PC/Laptop

Cara menyimpan file di Google Drive lewat hp dan melalui PC / laptop masuk dengan Gmail Chrome atau browser lainnya simpan data video foto gambar lebih aman

Daftar isi [Show]
Simpan file berhargamu menggunakan Google Drive karena akan lebih aman dan risiko kehilangan file tersebut sangat minim di kala laptop atau hp Android hilang, karena kamu bisa mengambil data tersebut kembali jika masih ingat alamat Gmail dan sandi di hp yang hilang tadi. Jika masih belum mengenal aplikasi tersebut akan saya jelaskan apa itu Google drive.

Apa itu Google Drive?

Google drive atau GDrive adalah layanan dari google yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan data online selain itu juga dapat membagikan tautan lebih dari satu orang, kelebihan lainnya bisa mengedit gambar, mengelola dokumen secara bersama teman. Download file kembali jika terjadinya masalah seperti kehilangan file di perangkat hp atau komputer, dan masih banyak lagi.

Karena Google Drive ini merupakan penyimpanan awan atau cloud dengan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB gratis, yang digunakan secara bersama Gmail, Google Foto, dan penyimpanan Google Drive sendiri. Namun jika sobat ingin menambah kapasitas Google Drive bisa membayar, yang biasanya hal ini dilakukan untuk perusahaan besar. Banyak tersedia paket berbayar Drive 100 GB dengan harga Rp 26.900/bulan, 1TB Rp 135.000/bulan masih banyak lagi mulai dari 2TB - 30 TB.

Manfaat Google Drive

  • Menyimpan data digital dengan format file apa saja
  • Buat dokumen dan mengeditnya
  • Membuka akses ke Spreadsheet
  • Berfungsi membuat gambar atau edit foto
  • Berbagi tautan bersama rekan kerja atau teman
  • Membuat formulir online dengan Google Formulir
  • Mengakses Google My Maps untuk penanda lokasi
  • Membuat silde show untuk presentasi di Google Silde
Cara menyimpan data di google drive sangatlah mudah loh sobat, dengan membaca panduan ini mungkin akan lebih memudahkan cara menggunakan Google drive, di hp Android atau menggunakan laptop kalian semua. Berikut adalah langkah yang harus kamu lakukan.

Cara Menyimpan File di Google Drive lewat Hp

Jika melalui hp android sebelumnya kamu harus memiliki aplikasi Google Drive dulu pastinya dan juga siapkan akun Gmail kamu karena aplikasi ini membutuhkan adanya alamat email Gmail kamu untuk dapat login. Jika belum punya alamat email Gmail sobat bisa lihat di sini.

1. Pertama carilah dan pilih aplikasi Google Drive di menu hp android-mu, lihat gambarnya seperti screenshot di bawah ini jika belum tau.
cara menyimpan file di google drive
2. Tampilan menu aplikasi Google Drive seperti ini sobat. Mungkin di dalam hp kamu masih kosong karena belum kamu isi dengan file, jika tanpa sengaja aplikasi ini mengisi sendiri file yang ada di hp kamu  itu karena pengaturan hp kamu yang secara otomatis mencadangkan file di Google Drive.

3. Sebelum memulai cara upload di Google Drive pertama buka dulu pengaturan aplikasi ini dengan cara klik tiga garis yang di pojok kiri atas layar atau lebih gampang dengan menggeser layar kamu ke arah kanan. Hal ini berfungsi agar bisa mengupload dengan kuota.
cara menyimpan file di google drive
4. Jika sudah masuk di pengaturan Google Drive, carilah "Setelan" > “Penggunaan Data”. Tergantung kamu menggunakan wifi atau data kuota kartu kamu. Di sini saya kan tidak menggunakan wifi jadi hanya bisa memakai jaringan kuota data saya untuk aplikasi ini, jadi saya ubah setelannya.
cara menyimpan file di google drive
5. Ini adalah langkah kelima cara menyimpan data di Google Drive. Pilih lingkaran biru yang di bawah kanan layar kamu untuk menambah file baru, seperti yang saya contohkan.
cara menyimpan file di google drive
6. Supaya tidak berantakan nantinya kita buat folder aja dulu guna untuk memudahkan sobat sewaktu-waktu mencari file tersebut. Jika tak ingin membuat folder kamu bisa langsung klk "Unggah". Ok seperti saya jaskan tadi, langsung saja kita pilih "Folder"
cara menyimpan file di google drive
7. Namai jenis folder yang akan kamu buat di kolom ini, jika sudah selesai tekan “Ok”
cara menyimpan file di google drive
8. Kemudian setelah membuat folder di Google Drive, pilih folder yang akan kamu isi tersebut untuk penyimpanan data kamu.
cara menyimpan file di google drive
9. Sesudah masuk kedalam folder klik lingkaran biru yang ada di bawah kanan layar kamu. Ini seperti langkah yang ke lima tadi.
cara menyimpan file di google drive
10. Tambahkan jenis file yang akan di masukkan di dalam folder ini, jika perlu buatlah folder lagi disini, dengan memilih pilihan dibawah layarmu, seperti gambar di bawah ini. Karena folder saya sudah cukup saya akan memilih “Unggah”
cara menyimpan file di google drive
11. Kamu di sini di bantu menemukan file yang akan di simpan dari gambar, video, audio dan dari jenis file yang ada di dalam aplikasi lainnya yang berada di hp android kamu seperti di secreenshot yang di sebelah kiri. Akan saya contohkan cara menyimpan foto di Google Drive dengan memilih di galeri saya. kamu bisa lihat di gambar sebelah kanan.
cara menyimpan file di google drive
12. Tunggu proses pengunggahan gambar, cepat atau tidaknya proses upload ke Google Drive tergantung kekuatan signal internet kamu.
cara menyimpan file di google drive
13. Berikut cara-cara menggunakan Google Drive. Bagikan tautan tersebut dengan teman kerjamu atau dengan akun media sosial kamu yang lain dengan cara menekan tiga titik yang terdapat di sisi kanan folder.
cara menyimpan file di google drive
14. Akan muncul menu seperti ini. Ada banyak pilihan di sini, pilihlah ikon yang menurut kamu lebih mudah saat membagikan proyek kerja bersama.
cara menyimpan file di google drive

Cara Menyimpan Data di Google Drive lewat PC atau Laptop

Berikut ini adalah langkah-langkah simpan file ke Google Drive melalui laptop atau PC komputer. Jika kamu masih bingung maka silahkan mengikuti panduan ini, sebelumnya pastikan komputermu sudah tersambung ke internet via WiFi maupun hotspot dari smartphone.

1. Untuk cara menyimpan file foto, video, atau data lainnya ke Drive versi desktop mudah saja. Nah kalau diatas kan masuk menggunakan aplikasi Google Drive lalu cara masuk Google Drive dari laptop bisa sign in dengan Gmail. Klik link > Kunjungi Google Drive
Cara Menyimpan File di Google Drive lewat pc
2. Langkah berikutnya masukkan alamat email Gmail dan kata sandinya. Namun jika kamu sudah masuk ke browser Chrome dengan akun Google langkah ini akan terlewati karena otomatis tersinkron.
Cara Menyimpan File di Google Drive
3. Selanjutnya jika sudah berhasil masuk Google Drive maka silahkan memilih menu mengganti bahasa.

Cara ubah bahasa Google Drive: lakukan setelan bahasa Indonesia jika kamu tidak mau menggunakan bahasa Inggris. Klik ikon "Roda Gigi" > Setting > Change languange settings > pilih sesuai keinginan.
Cara Menyimpan File di Google Drive
4. Kemudian jika setelan bahasa sudah selesai kita lanjutkan ke langkah berikutnya untuk membuat folder di Google Drive versi pc. Klik menu Baru > Folder > ketikkan nama folder yang diinginkan
Cara Menyimpan File di Google Drive
5. Lalu setelah foldernya selesai dibuat silahkan masuk ke folder yang selesai di bikin tadi. Misalnya disini saya membuat folder "Video masa kecil" klik disitu. Maka alamat penyimpanan akan menjadi Drive Saya> Video masa kecil. Klik "Upload file"
Cara Menyimpan File di Google Drive
6. Pilihlah satu file saja atau beberapa file sekaligus di harddisk komputermu.
Cara Menyimpan File di Google Drive
7. Tunggulah proses upload file video sedang berlangsung, dengan melihat satusnya di kiri bawah layar komputer.
Cara Menyimpan File di Google Drive
8. Jika file video tidak terlalu besar maka proses menyimpan ke Google Drive akan selesai dengan cepat. Dan hal ini tergantung juga dengan jaringan internet yang digunakan.
Cara Menyimpan File di Google Drive
Pastikan kamu selalu menggunakan jaringan internet stabil jika menggunakan aplikasi ini. Karena Google Drive barmotif penyimpanan data online. Dengan makna lain data-data yang sudah di simpan di Google Drive tersimpan aman di internet. Aman karena tidak sembarang orang bisa melihat file-file di akun Google Drive-mu jika orang tersebut tidak di undang.

Ini tadi langkah atau cara simpan file di Google Drive melalui aplikasi di hp android dan pc jadi file kamu bisa lebih aman dan bisa kamu buka dimana dan kapan saja. Bahkan sekarang bisa menyelesaikan proyek bersama-sama dengan partner meskipun berbeda tempat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel